Komplet, Veteran Persela Masih Eksis - LA PANTURA korwil WeruRaya numposts1 = 5; label1 = "misteri";
Headlines News :
Home » , » Komplet, Veteran Persela Masih Eksis

Komplet, Veteran Persela Masih Eksis


LAMONGAN - Siapa yang tak pernah mendengar nama Jainal Ichwan? Penikmat sepakbola tanah air pasti paham dengan pemain yang satu ini. Satu di antara sedikit pemain yang masih eksis di tengah gemerlap bakat-bakat muda di lapangan.

Jainal kini bernaung di klub Persela Lamongan yang menggunakan tenaganya sejak awal Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011. Banyak yang bilang, pemain kelahiran Banyuwangi ini sudah habis alias banyak penurunan dibanding sebelumnya.

Tentu saja. Seiring bertambahnya usia, seorang pemain secara fisik bakal jauh berkurang. Apalagi di usianya yang ke-33, Jainal tentu tidak segesit kala memperkuat Petrokimia Putra atau Persija Jakarta. Namun, pemain veteran ini tergolong masih diperhitungkan.

Buktinya, tim sekelas Persela Lamongan masih percaya pada kemampuannya. Jainal yang musim lalu memperkuat Persema Malang, mendapat kepercayaan Pelatih Subangkit, walau sejauh ini lebih banyak menghuni bangku cadangan dan kalah bersaing dengan pemain muda.

Kala merekrut pemain yang juga pernah memperkuat Arema FC, PSS Sleman, Deltras Sidoarjo dan Persita Tangerang itu, Subangkit tertarik pada kemampuan yang cukup komplet. Janinal pemain serba bisa yang bisa digunakan untuk sejumlah posisi.

“Dia pemain serba guna dan mampu memainkan beberapa posisi. Itu yang membuat saya tertarik,” kata Subangkit. Benar saja, paling tidak di Persela Jainal sudah membuktikan dirinya selalu siap kapan saja dan di posisi mana saja dibutuhkan.

Kala Persela membekap PSM Makassar 2-0 lalu, Jainal yang diplot sebagai bek kanan. Ia menggantikan Valentino Telaubun di pertengahan babak kedua. Bek kanan merupakan sekian posisi yang dimainkan Jainal selama kariernya.

Ia memulai profesi pesepakbola di Petrokimia Putra sebagai striker utama, dan produktifitas tertingginya adalah 14 gol di musim kompetisi Divisi Utama 2001. Perlahan, posisinya lebih sering digeser sebagai second striker dan lebih dalam lagi sebagai pemain tengah.

Saat membela Arema FC, ia lebih sering ditugaskan di lapangan tengah oleh pelatih Miroslav Janu. Saat menyeberang ke Persema Malang, Jainal mencicipi posisi yang lain lagi, yakni sebagai pemain sayap. Pemain dunia yang pernah melakoni peran sepertinya adalah John O’Shea (Manchester United).

“Bagi saya posisi apapun sebenarnya tidak ada perbedaan besar. Yang penting memahami tugas dan disiplin di lapangan,” ujar Jainal. Pemain bertinggi badan 165 tersebut mengakui dirinya sulit untuk menembus tim utama, karena banyaknya pemain muda.

Namun baginya itu tidak masalah, karena yang terpenting adalah bermain sebaik mungkin dan bisa melakukan tugas dari pelatih. Dengan kemampuan bermain di berbagai posisi, ia hingga kini belum terbersit pensiun dari dunia sepakbola.

Ia bersyukur masih bisa bermain untuk Persela di level atas (liga super) kendati persaingan untuk menembus tim inti sangat ketat. “Saya masih optimistis bisa bermain untuk liga super. Semoga tetap bisa bermain di kompetisi tertinggi hingga pensiun nanti,” tegas mantan punggawa tim nasional ini mantap.
Share this article :

Total Pengunjung

 
Kunjungi Juga : Pantura SedayuLawas | Kabar Persela | Info PERSELA
Copyright © 2011. LA PANTURA korwil WeruRaya - All Rights Reserved
Official PERSELA Situs Resmi PERSELA
Proudly powered by Blogger